Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
JWG Indonesia-UK: Kemendikdasmen dan Inggris Sepakati Langkah Strategis Penguatan Dikdasmen
JWG Indonesia-UK: Kemendikdasmen dan Inggris Sepakati Langkah Strategis Penguatan Dikdasmen

Diterbikan pada: 18 November 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 18 November 2025 – Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menyelenggarakan Kelompok Kerja Bersama (Joint Working Group Meeting/JWG) antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Inggris (United Kingdom/UK) pada 18 November 2025 di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, baik Kemendikdasmen maupun delegasi Pemerintah Inggris memaparkan capaian, tantangan, serta potensi kemitraan yang dapat dikembangkan secara konkret yang berfokus pada pengembangan guru, pengembangan keterampilan, kurikulum, serta inovasi pendidikan dan sistem sekolah.  

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi PKPLK, Tatang Muttaqin sebagai ketua delegasi Indonesia. Kemudian turut hadir Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan, Irsyad Zamjani; Kepala Pusat Penguatan Karakter, Rusprita Putri Utami; Direktur Guru Pendidikan Dasar, Rachmadi; Direktur Kursus dan Pelatihan, Yaya Sutarya; serta Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen yang diwakili oleh Any Sayekti. 

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus (Diksi PKPLK), Tatang Muttaqin, dalam sambutannya, menyampaikan penghargaan atas komitmen dan partisipasi Delegasi Inggris dalam pertemuan tersebut. Dirjen Tatang menegaskan bahwa kehadiran para delegasi, setelah melakukan perjalanan panjang dari London ke Jakarta, mencerminkan kuatnya hubungan dan kerja sama yang telah terjalin antara kedua negara.

“Kami menyampaikan apresiasi atas dedikasi Delegasi Inggris dalam menghadiri pertemuan ini. Kami berharap diskusi yang berlangsung hari ini dapat menghasilkan langkah kolaboratif yang substantif dan berkelanjutan,” ujar Tatang pada Selasa (18/11).

Dirjen Tatang menuturkan bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto, Kemendikdasmen telah menginisiasi kebijakan "Pendidikan Bermutu untuk Semua" sebagai upaya menuju pembangunan masyarakat yang adil dan sejahtera. “Indonesia terus menunjukkan komitmen terhadap pendidikan inklusif dan aksesibel, tercermin melalui capaian angka partisipasi sekolah sebesar 99,19 persen untuk anak usia 7–12 tahun dan 96,17 persen untuk usia 13–15 tahun,” tuturnya.

Selain itu, ia menambahkan jika Indonesia berupaya mempercepat pencapaian Sustainable Development Goal (SDG) ke 4, sejalan dengan prioritas Presiden Prabowo yakni meliputi peningkatan kualifikasi D4/Sarjana (S1); pengembangan kompetensi guru melalui pelatihan di bidang Kecerdasan Artifisial, koding, deep learning, bimbingan dan konseling, literasi, serta numerasi; redistribusi tenaga pendidik untuk pemerataan kualitas layanan pendidikan; pembaruan sistem manajemen kinerja bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas; transformasi sistem penerimaan murid baru (SPMB); penguatan pendidikan karakter melalui “Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat”; pengenalan Kecerdasan Artifisial,dan koding sebagai bagian dari kurikulum; serta Implementasi model baru evaluasi yaitu Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Presiden Prabowo juga mendorong Program Digitalisasi Pendidikan serta Program Rumah Pendidikan sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjangkau anak-anak di wilayah terpencil. 

Dirjen Tatang menyampaikan bahwa Inggris, dengan sistem pendidikan yang telah lama diakui kualitas dan inovasinya, merupakan mitra penting bagi Indonesia dalam memperkuat ekosistem pendidikan nasional. “Indonesia memiliki banyak hal yang dapat dipelajari dari praktik-praktik unggul Inggris. Namun kami juga percaya bahwa kemitraan ini bersifat timbal balik. Kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam memodernisasi sistem pendidikan dan mempersiapkan generasi muda untuk masa depan yang kompleks,” ujar Tatang.

Dirjen Tatang juga menegaskan bahwa hasil pembahasan dalam pertemuan JWG diharapkan dapat menghasilkan program dan proyek yang terukur, realistis, serta dapat diimplementasikan dengan efektif. Program-program tersebut diharapkan memberikan manfaat nyata bagi peserta didik, tenaga pendidik, dan masyarakat secara luas.

“Kami percaya bahwa pertemuan ini akan menghasilkan arah strategis yang jelas serta memperkuat komitmen bersama dalam mendukung prioritas pendidikan kedua negara,” pungkas Dirjen Tatang.

Sementara itu, UK International Education Champion, Sir Steve Smith, menegaskan komitmen kuat Inggris untuk memperluas kerja sama pendidikan dengan Indonesia. Steve juga mengapresiasi semangat kolaboratif yang ditunjukkan oleh seluruh delegasi.

“Negara boleh berbeda sejarah dan budaya, tetapi tantangan pendidikan sering kali sama. Dari perjalanan kami ke berbagai negara, kami selalu belajar banyak. Dan kami berharap bisa saling belajar termasuk dari kesalahan maupun keberhasilan yang kami alami,” ujar Sir Steve.

Ia menambahkan bahwa pendidikan merupakan isu universal yang melampaui batas politik. “Pendidikan itu penting, apa pun pandangan politik Anda, di semua negara di dunia. Dalam peran saya, saya hanya bekerja dengan lima negara. Tentu saja Indonesia adalah salah satunya. Karena itu, kemitraan Indonesia–Inggris yang dibangun atas dasar saling menghormati dan visi bersama ini sangat berarti,” kata Sir Steve.

Sir Steve juga menyoroti komitmen Presiden RI yang memberikan dorongan besar pada agenda pendidikan kedua negara ini. “Yang paling berkesan adalah ketika saya diminta Presiden Prabowo untuk datang dan berdiskusi selama lebih dari dua setengah jam tentang pendidikan. Beliau menekankan komitmen inklusivitas dan pendidikan untuk semua yang merupakan nilai untuk menjadi dasar kerja sama kita,” ungkapnya.

Melalui Joint Working Group Indonesia–United Kingdom 2025, kedua negara sepakat untuk melanjutkan koordinasi dalam penyusunan Rencana Aksi Bersama untuk Nota Kesepahaman yang telah disepakati. Rencana aksi tersebut diharapkan menjadi landasan konkret bagi implementasi berbagai potensi kolaborasi yang mampu memberikan dampak nyata bagi penguatan sistem pendidikan di Indonesia dan Inggris.*** (Penulis: Ririn/Editor: Seno H./Fotografer: Irfan)

 

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

 

Sumber: Nomor: 795/sipers/A6/XI/2025

Penulis: Kontributor BKHM

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
FLS3N 2025 Diikuti 855 Peserta, Ada dari Luar Negeri

Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 19/11/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Ajak Anak PAUD Rasakan Pengalaman Belajar Antre, Sabar, dan Bersosialisasi di Kereta

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 18/11/2025

Gambar Konten Terkait
Guru dan Siswa Rasakan Langsung Dampak Digitalisasi Pembelajaran

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Diterbitkan pada : 18/11/2025