Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Guru dan Siswa Rasakan Langsung Dampak Digitalisasi Pembelajaran
Guru dan Siswa Rasakan Langsung Dampak Digitalisasi Pembelajaran

Diterbikan pada: 18 November 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Bekasi, 18 November 2025 — Transformasi digital pendidikan kini benar-benar terasa di ruang-ruang belajar. Melalui Program Digitalisasi Pembelajaran, lebih dari 173 ribu sekolah telah menerima dan memanfaatkan Panel Interaktif Digital (Interactive Flat Panel/IFP) sebagai media belajar. Tidak hanya memperluas akses pembelajaran, teknologi ini terbukti mengubah cara guru mengajar dan cara siswa memahami materi: lebih cepat, lebih interaktif, dan jauh lebih menyenangkan.
 
Program Digitalisasi Pembelajaran, yang menyasar 288.865 sekolah di seluruh Indonesia, menjadi salah satu langkah strategis pemerintah untuk memastikan setiap anak memiliki kesempatan belajar yang setara. Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto, menyoroti bahwa program ini membawa manfaat besar yang dirasakan langsung oleh murid dan guru.
 
“Kita hi harus benar-benar memberi pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita di seluruh Indonesia, tidak terkecuali. Tidak boleh ada bagian dari Indonesia yang tertinggal kualitas pendidikannya, harus sama baiknya, dan salah satu cara kita adalah menggunakan lompatan teknologi digitalisasi,” ujar Presiden saat meluncurkan Program Digitalisasi Pembelajaran untuk Indonesia Cerdas di SMP Negeri 4 Bekasi, Senin (17/11).
 
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, menambahkan bahwa hasil monitoring dan evaluasi Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menunjukkan peningkatan yang nyata di sekolah-sekolah penerima Panel Interaktif Digital.
 
“Mereka belajar dengan gembira, penuh semangat, dan capaian pembelajaran terus meningkat. Ini bukti revolusi pendidikan yang diletakkan Bapak Presiden melalui digitalisasi pembelajaran dan pembagian Panel Digital Interaktif,” ungkapnya.
 
Indarwati Komariah, guru SMP Negeri 4 Bekasi, membagikan pengalamannya menggunakan Papan Interaktif Digital dalam kegiatan belajar mengajar. Ia menyebutkan bahwa antusiasme siswa meningkat drastis sejak Panel Interaktif Digital dipakai dalam kelas. Bahkan siswa yang biasanya pasif, kini ikut berpartisipasi—maju ke depan, menulis, mencoba fitur. Menurutnya, pembelajaran menjadi lebih menggembirakan dan bermakna.
 
Indarwati menambahkan bahwa fitur Ruang Murid sangat membantu proses belajar. “Anak-anak bisa mengeksplorasi, melakukan percobaan, bermain gim edukasi, dan berinteraksi dengan banyak sumber belajar digital,” katanya.
 
Tidak hanya guru, para siswa pun merasakan langsung manfaat pembelajaran digital. Naufal Rakha Mahardika, siswa kelas IX, mengaku lebih cepat memahami pembelajaran sejak IFP digunakan, terutama untuk pelajaran matematika dan IPA.
 
“Di sana kami bisa mengeksplorasi banyak pembelajaran dengan mudah,” ucapnya.
 
Senada dengan itu, siswa lainnya, Nafeza Ayasha Umbara, mengaku sangat senang dengan penggunaan Papan Interaktif Digital yang menghadirkan banyak fitur dan eksperimen, sehingga pembelajaran terasa seperti pengalaman baru setiap harinya.
 
Nafeza juga menyampaikan apresiasinya. “Terima kasih Bapak Presiden atas fasilitas yang diberikan. Semoga seluruh Indonesia bisa merasakan manfaat PID dan menggunakannya dengan bijak.”
 
Pengalaman para guru dan siswa ini menunjukkan bahwa digitalisasi pembelajaran bukan sekadar penyediaan perangkat, tetapi perubahan budaya belajar. Dengan hadirnya Panel Interaktif Digital di sekolah-sekolah, anak-anak Indonesia kini memiliki pengalaman belajar yang lebih setara, kreatif, dan menyenangkan, sebuah langkah penting menuju masa depan pendidikan yang lebih maju dan inklusif.


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: http://kemendikdasmen.go.id
X: http://x.com/Kemdikdasmen
Instagram: http://instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: http://facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: http://ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: http://kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah
#DigitalisasiPembelajaran
#IndonesiaCerdas

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 794/sipers/A6/XI/2025

Penulis: Stephanie Westiana

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
JWG Indonesia-UK: Kemendikdasmen dan Inggris Sepakati Langkah Strategis Penguatan Dikdasmen

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen

Diterbitkan pada : 18/11/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Ajak Anak PAUD Rasakan Pengalaman Belajar Antre, Sabar, dan Bersosialisasi di Kereta

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 18/11/2025

Gambar Konten Terkait
Percepat Transformasi Pendidikan Presiden Luncurkan Digitalisasi Pembelajaran untuk 288 Ribu Sekolah

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Diterbitkan pada : 17/11/2025