pendidikan_untuk semua Ramah rumah_pendidikan
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Kemendikdasmen Perkenalkan Mobil Layanan Gerak untuk Percepat Penyaluran PIP di Sleman
Kemendikdasmen Perkenalkan Mobil Layanan Gerak untuk Percepat Penyaluran PIP di Sleman

Diterbikan pada: 18 Desember 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Kabupaten Sleman, Yogyakarta, 18 Desember 2025 — Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menyosialisasikan sekaligus mempercepat penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Mobil Layanan Gerak, yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (18/12).

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menjaga akses pendidikan bagi peserta didik dari keluarga miskin dan rentan miskin, sekaligus mendorong efektivitas penyaluran dan kemudahan penarikan dana oleh penerima PIP. Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti, menyerahkan bantuan PIP kepada peserta didik lintas jenjang, mulai dari SD hingga SMK.

Dalam sambutan dan arahannya, Mendikdasmen menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang selama ini mendukung keberlangsungan PIP. Ia menegaskan bahwa PIP merupakan instrumen penting pemerintah dalam mewujudkan pendidikan bermutu untuk semua.

“Di Kabupaten Sleman, PIP menjangkau 72.465 peserta didik dengan total dana tersalurkan sebesar Rp52.033.725.000. Ini menunjukkan kuatnya komitmen pemerintah dalam memberikan kesempatan kepada seluruh anak Indonesia untuk memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas,” ujar Mendikdasmen.

Mendikdasmen menjelaskan bahwa PIP dirancang untuk meringankan kendala ekonomi yang dihadapi peserta didik, sehingga mereka dapat terus bersekolah dan menyelesaikan pendidikan. Penyaluran bantuan dilakukan secara langsung ke rekening peserta didik melalui bank mitra yang ditetapkan pemerintah.

“Berdasarkan evaluasi yang kami lakukan, kami terus berupaya agar PIP dapat tersalurkan lebih tepat waktu dan memberikan manfaat yang lebih besar. Kehadiran Mobil Layanan Gerak ini menjadi salah satu ikhtiar untuk memastikan bantuan diterima oleh peserta didik sesuai dengan hak mereka,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mendikdasmen menekankan pentingnya keberlanjutan PIP dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Pemerintah telah mulai mengintegrasikan data penerima PIP dengan penerima KIP Kuliah agar peserta didik dari keluarga tidak mampu memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan hingga jenjang pendidikan tinggi. Integrasi data tersebut juga sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia untuk menghadirkan layanan birokrasi yang sederhana, tepat sasaran, dan berbasis Data Tunggal Sosial Ekonomi Nasional (DTSEN).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Komisi IV DPR RI Siti Hediati Soeharto menyampaikan bahwa PIP bukan sekadar bantuan finansial, melainkan wujud kehadiran negara dalam menjamin keadilan pendidikan. Hingga November 2025, lebih dari 19 juta peserta didik dari berbagai jenjang di seluruh Indonesia telah menerima bantuan PIP.

“PIP adalah pesan negara kepada anak-anak Indonesia bahwa mereka layak bermimpi, layak sekolah, dan layak maju bersama bangsanya. Bantuan ini adalah modal harapan agar anak-anak tetap bertahan di bangku sekolah dan melanjutkan cita-citanya,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa keberhasilan PIP sangat bergantung pada kolaborasi lintas pihak, mulai dari pemerintah pusat dan daerah, satuan pendidikan, guru, orang tua, hingga masyarakat, untuk memastikan bantuan tepat sasaran dan digunakan sesuai kebutuhan pendidikan peserta didik.

Dari sisi satuan pendidikan, Wakil Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Tri Suwarni menyampaikan bahwa PIP memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Pada tahun 2024, sebanyak 351 peserta didik menerima PIP, sementara pada tahun 2025 jumlahnya meningkat menjadi 358 peserta didik.

“Mayoritas orang tua peserta didik kami berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. PIP sangat membantu meningkatkan motivasi belajar dan mendukung proses pembelajaran di sekolah,” ujarnya.

Salah satu penerima manfaat, Dwi Oktavianto, peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan PIP yang diterimanya. Menurutnya, PIP tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan sekolah, tetapi juga memberikan semangat dan keyakinan untuk terus bersekolah dan meraih cita-cita.

Kesan serupa disampaikan Lestari, orang tua peserta didik penerima PIP jenjang Sekolah Dasar di Sleman. Ia menilai PIP sangat membantu meringankan beban orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak dan berharap program tersebut dapat terus dilanjutkan serta agar lebih manfaatnya.

Program ini sejalan dengan Asta Cita ke-4 Presiden Republik Indonesia dan mendukung visi Kemendikdasmen untuk mewujudkan “Pendidikan Bermutu untuk Semua”, melalui penguatan akses, keberlanjutan, dan pemerataan layanan pendidikan bagi peserta didik di berbagai daerah.

Melalui penyediaan Mobil Layanan Gerak oleh BRI, BNI dan BSI (khusus wilayah Aceh) sebagai bank penyalur PIP, maka layanan aktivasi rekening dan penarikan dana kepada penerima PIP dapat ditingkatkan dan lebih mendekatkan layanan perbankan kepada para penerima PIP yang berada di daerah terpencil sehingga masyarakat lebih mudah merasakan manfaat PIP.

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 904/sipers/A6/XII/2025

Penulis: Shaka

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Tekankan Kebijakan Pendidikan Berbasis Bukti

Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen

Diterbitkan pada : 19/12/2025

Gambar Konten Terkait
Wamendikdasmen Fajar Tinjau Revitalisasi Sekolah dan Pemanfaatan Papan Interaktif di Kabupaten Ende

Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen

Diterbitkan pada : 19/12/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Gelar Kampanye Anak Indonesia Hebat untuk Penguatan PAUD di Kudus

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 17/12/2025