Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Di Majalengka, Pemanfaatan IFP & Revitalisasi Satuan Pendidikan Menunjukkan Dampak Positif
Di Majalengka, Pemanfaatan IFP & Revitalisasi Satuan Pendidikan Menunjukkan Dampak Positif

Diterbikan pada: 17 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 16 Oktober 2025 — Pemerintah mendorong pemanfaatan Papan Interaktif Digital atau Interactive Flat Panel (IFP) guna menciptakan pembelajaran yang lebih atraktif, inklusif, dan bermakna bagi siswa. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) memastikan pemerataan fasilitas pembelajaran digital dan peningkatan mutu sarana pendidikan berjalan sesuai sasaran. 

Sejalan dengan itu, Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Atip Latipulhayat, menyampaikan bahwa penyaluran Papan Interaktif Digital merupakan bagian dari implementasi program Digitalisasi Pembelajaran yang tengah digencarkan pemerintah. Demikian ia sampaikan ketika melakukan peninjauan penyaluran ke Negeri 2 Majalengka serta meresmikan tahap revitalisasi SMP IT Al Ittihad Sumberjaya melalui peletakan batu pertama, Selasa (14/10). 

Dalam momen tersebut, Kepala Sekolah SMP IT Al Ittihad, Aziz Wildan menyampaikan perkembangan revitalisasi satuan pendidikan di sekolahnya. Ia mengungkapkan bahwa pembangunan telah mencapai sekitar 40 persen sejak dimulai pada 21 September dan ditargetkan rampung pada 15 Desember. “Alhamdulillah lancar, tidak ada kendala berarti. Revitalisasi mencakup penataan lantai dua untuk perpustakaan serta UKS. Setelah ini juga akan ada bimbingan teknis lanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, di SMP Negeri 2 Majalengka, guru Ade menuturkan pemanfaatan IFP telah memberikan dampak nyata terhadap kualitas pembelajaran. Metode ajar menggunakan pendekatan audio-visual interaktif dan evaluasi melalui platform digital Wayground Quizizz membuat siswa lebih aktif, fokus, dan mudah teridentifikasi capaian belajarnya. “Siswa antusias dan tidak cepat bosan. Media ini juga digunakan di berbagai mata pelajaran, termasuk matematika. Harapannya, SMPN 2 dapat menerima 10 unit sesuai data dapodik,” ungkapnya.

Selain meninjau penggunaan perangkat digital di ruang kelas dan progres revitalisasi bangunan sekolah, Wamen Atip juga menyempatkan berdialog dengan para pekerja konstruksi. Ia menanyakan proses pengerjaan serta memastikan tidak ada hambatan, termasuk keterlambatan pembayaran upah. Para pekerja menyampaikan bahwa pekerjaan berjalan lancar dan tidak ada kendala pembayaran.*** (Penulis: Rona Uly/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Ikram)

Penulis: Shaka

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Siapkan Guru Profesional, Kemendikdasmen Buka Seleksi PPG bagi Calon Guru Tahun 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen: Pegawai Harus Bekerja Mengutamakan Budaya Kerja Ramah dan Santun

Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen Pantau Revitalisasi Salah Satu Sekolah Tertua di Makassar

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 14/10/2025