Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Mendikdasmen Pantau Revitalisasi Salah Satu Sekolah Tertua di Makassar
Mendikdasmen Pantau Revitalisasi Salah Satu Sekolah Tertua di Makassar

Diterbikan pada: 14 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Makassar, 13 Oktober 2025 - Pemerintah terus berupaya mempercepat revitalisasi fasilitas pendidikan di berbagai daerah sebagai bagian dari Program Hasil Terbaik Cepat intruksi Presiden Republik Indonesia untuk menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan layak bagi seluruh peserta didik.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Abdul Mu’ti saat meninjau pembangunan sarana dan prasarana di SMP Negeri 16 Makassar, salah satu sekolah tertua di Kota Makassar.

Dalam kunjungannya pada hari Sabtu, 11 Oktober 2025, Abdul Mu’ti menyampaikan apresiasi terhadap kemajuan pembangunan serta komitmen para guru dan kepala sekolah untuk menjaga mutu pendidikan di wilayahnya. “Saya senang sekali bisa berkunjung ke SMP Negeri 16 Makassar, salah satu SMP tertua di kota ini. Saya lihat memang gedung-gedungnya sudah perlu untuk segera diperbaiki dan direvitalisasi sesuai arahan Bapak Presiden, tidak boleh ada sekolah yang atapnya roboh, tidak punya toilet, atau toilet yang rusak,” ujar Abdul Mu’ti.

Ia juga menekankan pentingnya pemanfaatan fasilitas baru untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih baik. “Mudah-mudahan semua fasilitas yang sedang dibangun, nantinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kalau sekolahnya bagus, anak-anak semakin termotivasi, semakin nyaman. Kita perbaiki pendidikan dengan memperbaiki sarananya dan gurunya,” jelasnya.

Selain sarana fisik, Abdul Mu’ti juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran berbasis teknologi. Salah satu langkah yang dilakukan adalah melalui pemanfaatan Papan Digital Interaktif (Interactive Flat Panel/IFP) yang telah di terima oleh SMP Negeri 16 Makassar. “Kemendikdasmen akan menyiapkan pelatihan bagi para guru supaya mampu memanfaatkan IFP secara optimal dalam proses pembelajaran. Harapannya, kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan perkembangan zaman,” ujarnya

Pemerintah berkomitmen mempercepat rehabilitasi sekolah dan melengkapi fasilitas pembelajaran modern di seluruh Indonesia, sejalan dengan dukungan Komisi X DPR RI terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, La Tinro La Tunrung, yang turut mendampingi kunjungan tersebut, menyampaikan apresiasi terhadap langkah cepat pemerintah memperbaiki fasilitas sekolah. “Kunjungan ini luar biasa. Bantuan yang diberikan sangat berarti bagi guru dan siswa. Kami di Komisi X terus mendorong agar sekolah-sekolah di Sulawesi Selatan mendapat perhatian yang layak,” ujarnya.

La Tinro juga menekankan pentingnya menjaga mutu pembangunan agar hasilnya tahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat. “Kualitas pekerjaan harus dijaga supaya bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama. Kalau ada kekurangan, nanti kita bantu carikan solusinya,” tambahnya.

Kepala SMP Negeri 16 Makassar turut menyampaikan rasa syukur atas perhatian pemerintah dan DPR, serta memastikan pembangunan berjalan dengan baik.
“Alhamdulillah, kami bersyukur mendapat kunjungan yang luar biasa dari Bapak Menteri dan Komisi X. Ini menjadi penyemangat bagi kami semua di sekolah. Kami juga berharap nantinya bisa mendapat tambahan dukungan, seperti laptop untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan administrasi,” ujarnya.

Revitalisasi fasilitas SMP Negeri 16 Makassar menjadi wujud nyata komitmen pemerintah dalam membangun pendidikan yang aman, nyaman, dan inklusif sekaligus memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat, DPR, dan satuan pendidikan dalam menghadirkan mutu pendidikan terbaik bagi seluruh peserta didik Indonesia.*** (Penulis & Fotografer: M. Irfan/Editor: Denty A., Seno H.)

 

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah


Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Lampiran

Penulis: Muhammad Irfan

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Sinergi Kemendikdasmen dan Kementerian Kehutanan untuk Literasi dan Pelestarian Hutan

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 14/10/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen dan Pemerintah Prancis Sinergikan Pendidikan Melalui Program Pelatihan Gastronomi

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Diterbitkan pada : 14/10/2025

Gambar Konten Terkait
Semangat Baru Siswa SLB Negeri Tritura karena Belajar Menggunakan IFP

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan

Diterbitkan pada : 13/10/2025