Diterbitkan pada: 04/10/2025
Jakarta, Kemendikdasmen - Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) kembali menorehkan prestasi membanggakan di ajang bergengsi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2025 yang digelar oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA) di Balai Sarbini, Jakarta, Kamis (25/9). Dalam kompetisi tahun ini, ULT Kemendikdasmen mengikuti tiga kategori korporasi sekaligus dan berhasil meraih penghargaan di ketiganya. Penghargaan tertinggi, Platinum, berhasil diraih untuk kategori Customer Experience serta Contact Center Operations – Public Services. Sementara itu, satu penghargaan lainnya, yaitu Gold, diperoleh untuk kategori Cost Saving. Capaian ini menegaskan kualitas layanan ULT Kemendikdasmen yang tidak hanya unggul dalam memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat, tetapi juga mampu mengelola operasional secara efisien. Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikdasmen, Anang Ristanto, menyampaikan bahwa capaian ini merupakan wujud nyata komitmen Kemendikdasmen dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas. “Penghargaan ini adalah hasil kerja keras tim dan sinergi seluruh pihak. Lebih dari sekadar prestasi, ini adalah pengakuan atas komitmen kami dalam menghadirkan layanan publik yang cepat, transparan, dan ramah. Ke depan, kami akan terus berinovasi agar layanan Kemendikdasmen semakin responsif dan memenuhi harapan masyarakat,” ujarnya. Kepala Bagian Informasi dan Fasilitasi Layanan Terpadu, Anandes Langguana, menambahkan bahwa penghargaan ini semakin memperkuat peran ULT Kemendikdasmen sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan publik, khususnya di bidang pendidikan dasar dan menengah. “Kepercayaan yang diberikan melalui penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memperbaiki kualitas layanan dan mendekatkan diri kepada masyarakat,” tuturnya. Ajang TBCCI sendiri merupakan kompetisi tahunan yang telah digelar sejak 2007, diikuti berbagai instansi pemerintah maupun perusahaan swasta dengan standar penilaian yang ketat. Kompetisi ini menilai kualitas layanan, efektivitas operasional, serta kepuasan pelanggan, dan diakui oleh Contact Center Association of Asia Pacific (CC-APAC) sebagai penghargaan nasional bergengsi di bidang contact center. Sebagai catatan, pada TBCCI 2024 ULT Kemendikdasmen juga berhasil meraih prestasi gemilang dengan membawa pulang tiga emas dan satu perak pada kategori korporasi, meliputi Employee Engagement, Customer Experience, Contact Center Operations, dan Technology Innovation. Dengan torehan penghargaan di tahun 2025 ini, Kemendikdasmen menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, membangun interaksi yang lebih baik dengan masyarakat, serta menghadirkan layanan yang semakin ramah, transparan, dan terpercaya. *** (Penulis dan Dokumentasi: Anwar/ Editor: M. Irfan)
Penulis: Kontributor BKHM
Editor: Denty Anugrahmawaty