Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Diplomasi Pendidikan RI–Mesir Menguat : Al–Azhar Dukung Prodi Bahasa Indonesia dan Indonesia Center
Diplomasi Pendidikan RI–Mesir Menguat : Al–Azhar Dukung Prodi Bahasa Indonesia dan Indonesia Center

Diterbikan pada: 26 November 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

 

Kairo, Mesir, 26 November 2025 - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), terus memperkuat jejaring diplomasi pendidikan global. Hal ini ditandai dengan pertemuan antara Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Atip Latipulhayat, dengan Wakil Grand Syeikh Al-Azhar, Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, di Kairo, Mesir, pada Senin (24/11). Pertemuan ini menegaskan penguatan hubungan kerja sama pendidikan antara Indonesia dan salah satu institusi pendidikan Islam tertua dan paling terkemuka di dunia. 

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara  Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu'ti  dengan Rektor Al-Azhar pada 6 November 2025 lalu, khususnya untuk mendukung keberlangsungan  Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang baru saja dibuka di Fakultas Bahasa dan Terjemah Al-Azhar. 

"Kehadiran kami hari ini adalah untuk mengafirmasi dukungan penuh Kemendikdasmen terhadap eksistensi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di Al-Azhar. Ini adalah bentuk keseriusan Indonesia dalam membangun kolaborasi akademik yang strategis dan berkelanjutan," ujar Wamen Atip. 

Merespons komitmen Indonesia, Al-Duweiny menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kunjungan Wamen Atip beserta rombongan. Menurutnya, kehadiran para pimpinan pendidikan Indonesia di Al-Azhar Kairo merupakan bukti nyata keseriusan Indonesia dalam kolaborasi dan kerja sama akademik, khususnya dalam pengembangan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. 

Lebih lanjut, Al-Duweiny menyampaikan bahwa kehadiran wakil menteri dari Indonesia menjadi bukti nyata keseriusan Indonesia dalam membangun kolaborasi akademik, khususnya pada Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. Ia juga mengungkapkan bahwa Majelis Tinggi Al-Azhar akan mempertimbangkan pemberian “Al-Azhar Prize” untuk Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah RI sebagai bentuk apresiasi atas komitmen tersebut. Selain itu, pihak Al-Azhar menyediakan sebidang tanah di kawasan kampus untuk kemungkinan pembangunan gedung Indonesia Center oleh pemerintah Indonesia. Pusat kegiatan ini diharapkan menjadi hubungan akademik dan budaya Indonesia di Mesir, yang akan memfasilitasi pertukaran pelajar, dosen dan promosi kebudayaan Indonesia. 

"Kami menyambut baik tawaran strategis ini dan akan segera berkoordinasi dengan Mendikdasmen dan Bappenas untuk merealisasikan pembangunan Indonesia Center," ujar Wamen Atip menanggapi tawaran tersebut.

Wamendikdasmen juga menyampaikan kekagumannya setelah menyaksikan langsung proses belajar mengajar di Program Studi Bahasa Indonesia. "Baru dua bulan berjalan, mahasiswa Al-Azhar sudah cukup fasih berbahasa Indonesia dan bahkan hafal menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya", ini sangat membanggakan," ujarnya. 

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kairo, Abdul Muta’ali, menegaskan bahwa diplomasi pendidikan Indonesia–Mesir saat ini berada pada momentum yang sangat positif. Ia menyebut bahwa mahasiswa Indonesia di Mesir merasakan kebanggaan tersendiri atas capaian diplomasi pendidikan Indonesia yang semakin mengokohkan posisi bangsa dalam kerja sama internasional.

Kemendikdasmen berkomitmen untuk mendukung pengembangan prodi ini dengan menyediakan referensi yang komprehensif, tidak hanya tentang bahasa, tetapi juga sastra, sejarah dan peradaban Indonesia. 

Dengan diperkuatnya komitmen strategis ini, Pemerintah Indonesia menegaskan komitmennya untuk membuka akses seluas-luasnya bagi pelajar Indonesia menuju pendidikan bertaraf global, sekaligus mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia di pentas dunia. *** (Penulis & Dokumentasi: Tim Atdikbud di Kairo dan Rona Uly/Editor: Denty A. Seno H.)

 

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat

Sekretariat Jenderal

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

 

Laman: kemendikdasmen.go.id

X:x.com/Kemdikdasmen

Instagram: instagram.com/kemendikdasmen

Facebook: facebook.com/kemendikdasmen

YouTube: KEMDIKDASMEN

Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id

Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

 

#PendidikanBermutuuntukSemua

#KemendikdasmenRamah

 

Penulis: Uly

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Amplifikasi Pemanfaatan Rumah Pendidikan kepada Guru dan Siswa, Kemendikdasmen Gelar Sapa Sekolah

Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Diterbitkan pada : 27/11/2025

Gambar Konten Terkait
Semarak HGN di Sekolah Indonesia Kairo: Keteladanan Guru Adalah Kunci Wujudkan Pendidikan Bermutu

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru

Diterbitkan pada : 26/11/2025

Gambar Konten Terkait
Lakukan Aksi Kolaboratif Pemerintah dan Sektor Swasta Bangun Ekosistem PAUD Bermutu

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 25/11/2025