Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Dorong PAUD Melek Digital, Wamendikdasmen Fajar Tinjau Penggunaan Papan Interaktif Digital di Bogor
Dorong PAUD Melek Digital, Wamendikdasmen Fajar Tinjau Penggunaan Papan Interaktif Digital di Bogor

Diterbikan pada: 5 November 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Bogor, 5 November 2025 — Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Fajar Riza Ul Haq, melakukan kunjungan kerja ke sejumlah satuan pendidikan di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Senin (3/11). Kunjungan ini bertujuan meninjau langsung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) serta memastikan penguatan karakter, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dan pemenuhan infrastruktur sekolah berjalan dengan baik. Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Direktur PAUD Kemendikdasmen, Nia Nurhasanah, yang meninjau penggunaan perangkat Papan Interaktif Digital atau Interactive Flat Panel (IFP) di dua taman kanak-kanak, yaitu TK Aisyiyah Busthanul  Athfal (ABA) V dan TK Negeri Motekar.

Wamen Fajar menjelaskan bahwa penyediaan Papan Interaktif Digital merupakan bagian dari kebijakan nasional untuk memperkuat digitalisasi pendidikan dasar dan menengah, sejalan dengan visi Presiden Prabowo Subianto agar seluruh anak Indonesia memiliki kesempatan belajar yang setara dan menyenangkan di mana pun mereka berada. 

“Kami ingin memastikan bahwa teknologi ini bukan hanya ada, tetapi digunakan secara optimal. Konten dari Aplikasi Rumah Pendidikan membantu guru menyajikan materi yang menyenangkan dan sesuai tema pembelajaran, sehingga anak-anak PAUD kita tumbuh menjadi generasi yang melek digital dan berkarakter sejak dini,” jelasnya.

Para guru mengungkapkan bahwa kehadiran IFP membuat kegiatan belajar menjadi lebih menarik, aktif, dan partisipatif. “Anak-anak lebih semangat belajar sejak ada IFP. Mereka jadi lebih fokus dan antusias mengikuti kegiatan,” ujar salah satu guru TK ABA V Bogor.

Direktur PAUD Kemendikdasmen, Nia Nurhasanah, menyampaikan bahwa hingga saat ini sebanyak 31.009 perangkat Papan Interaktif Digital telah didistribusikan dari total 64.191 satuan PAUD penerima di 36 provinsi di seluruh Indonesia. Program ini diharapkan dapat mempercepat transformasi pembelajaran digital dan memastikan seluruh anak Indonesia mendapat pengalaman belajar yang setara dan menyenangkan.

Wamen Fajar Pantau Revitalisasi Satuan Pendidikan
Kunjungan kerja dilanjutkan ke TK Negeri Motekar, dengan fokus pada peninjauan revitalisasi sarana dan prasarana sekolah serta penerapan Papan Interaktif Digital dalam kegiatan belajar mengajar. Wamen Fajar melihat langsung progres pembangunan toilet dan infrastruktur pendukung lainnya yang telah mencapai 72 persen. Ia juga berinteraksi dengan guru dan tim pelaksana proyek untuk memastikan kualitas pekerjaan dan percepatan penyelesaian revitalisasi agar manfaatnya segera dirasakan oleh warga sekolah.

“Kita ingin memastikan bahwa revitalisasi satuan pendidikan benar-benar meningkatkan kenyamanan dan kualitas layanan pendidikan bagi anak-anak dan guru. Infrastruktur yang baik adalah fondasi penting bagi pendidikan yang bermutu,” tegasnya.

Wamen Fajar juga mengunjungi SD Muhammadiyah 1 Bogor untuk melihat kegiatan belajar mengajar sambil meninjau sarana dan prasarana di sekolah tersebut.  Ia berinteraksi dengan siswa dan guru, termasuk anak-anak dari panti asuhan yang menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Dalam dialognya, ia menekankan pentingnya pola hidup sehat dan keberanian untuk mencoba sebagai bagian dari pembentukan karakter dan kecerdasan anak.

Kunjungan kerja ini menjadi bagian dari komitmen Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) untuk mewujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua melalui akselerasi digitalisasi pembelajaran, pemenuhan revitalisasi satuan pendidikan dan juga penguatan karakter.*** (Penulis: Rona Uly/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Nurlaili)

Penulis: Uly

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Penerapan Nilai KAIH Bermasyarakat di SMKS Al-Jabar Batam, Mendapat Apresiasi Wamen Fajar

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekjen

Diterbitkan pada : 05/11/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Akan Tindaklanjuti Dugaan Pelanggaran saat Pelaksanaan TKA

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 04/11/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Laporkan Kelancaran Hari Pertama Pelaksanaan TKA

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 04/11/2025