Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Menteri Mu’ti: Papan Interaktif Digital Membuat Pembelajaran Menjadi Menarik dan Memicu Kreativitas
Menteri Mu’ti: Papan Interaktif Digital Membuat Pembelajaran Menjadi Menarik dan Memicu Kreativitas

Diterbikan pada: 22 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Mataram, 22 Oktober 2025 – Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) bersama Komisi X DPR RI meninjau proses pembelajaran dengan menggunakan Papan Interaktif Digital atau Interactive Flat Panel (IFP) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Kali ini, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti, bersama Gubenur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Muhamad Iqbal, dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Lalu Hadrian Irfani, mengunjungi Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Mataram, NTB. 

Dalam suasana penuh gembira, Menteri Mu'ti melakukan dialog interaktif dan memberikan pesan motivasi kepada para peserta didik. "Di sini saya melihat semangat belajar sepanjang hayat dari Bapak/Ibu sekalian. Kehadiran IFP ini berguna untuk memudahkan semuanya dalam menimba ilmu, membuat proses belajar menjadi lebih menarik, serta kaya akan kreativitas dengan pola interaktif,” ungkap Mendikdasmen, Abdul Mu'ti, di Mataram, Rabu (21/10).

Selanjutnya, Menteri Mu’ti juga mengajak para peserta didik SKB Kota Mataram untuk dapat memanfaatkan IFP sebagai pemantik dalam meningkatkan ketrampilan. Menurutnya, untuk dapat bersaing di dunia kerja memerlukan ketrampilan lain selain bidang akademik. “Dengan IFP, Bapak/Ibu dapat mengenal kemajuan teknologi, membuat mengerjakan tugas secara daring, membuat presentasi pelajaran, dan mengembangkan kemajuan teknologi sebagai bekal diri di masa depan. Dan yang terpenting teruslah bersemangat dalam belajar,” ujar Menteri Mu’ti.

Sebagai penerima manfaat program, salah satu tutor SKB Kota Mataram, Rosi Jayadi, mengungkapkan bahwa kehadiran IFP membawa perubahan signifikan dari pembelajaran yang pasif atau konvensional menjadi interaktif dan menarik perhatian peserta didik. Di SKB Kota Mataram, IFP digunakan di kelas Paket B dan Paket C untuk seluruh mata pelajaran, terutama untuk mata pelajaran IPA, IPS, dan Bahasa Inggris yang membutuhkan tampilan visual interaktif.

“Praktik baik dari kehadiran IFP juga terlihat dari para kerja keras para tutor untuk mempelajari IFP secara otodidak, kami mengulik lebih jauh metode pembelajaran digital untuk peserta didik. Mereka juga senang dengan penggunaan media digital ini dengan belajar membuat tugas presentasi. Oleh karena itu, saya berharap IFP dapat terus dimanfaatkan secara optimal serta ditambah jumlahnya agar seluruh kelas dapat merasakan manfaatnya secara merata,” ucap Rosi.

Salah satu peserta didik SKB Kota Mataram, Sukiyaki, merasa senang dengan adanya IFP sebagai media pembelajaran baru di ruang kelas. Sebagai peserta didik kelas Paket B ia merasa terpacu untuk bisa mempelajari metode belajar dengan media digital. “Sejak IFP ada di sekolah kami, para tutor telah menggunakannya untuk proses pembelajaran. Kami terasa terbantu dengan IFP, banyak cara baru yang kami ketahui dan membuat kami tidak bosan belajar,” tutur Sukiyaki.

Sementara itu, peserta didik lainnya, Azwar Riyadi, merasa beruntung dapat merasakan belajar dengan menggunakan IFP. Di tengah usianya yang tidak lagi muda, Azwar terus gigih belajar dan beradaptasi dengan metode pembelajaran digital.

“Kehadiran IFP membuat kami penasaran dan ingin terus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Dengan kecanggihan IFP peserta didik seharusnya dapat mengerti mata pelajaran dengan sangat cepat karena banyak cara kreatif yang bisa dilakukan untuk transfer ilmu oleh para tutor. Terima kasih Presiden Prabowo Subianto dan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) untuk IFP ini,” tutup Azwar.*** (Penulis & Fotografer: Destian/Editor: Denty A. Seno H.)


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers
 
#PendidikanBermutuuntukSemua 
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 679/sipers/A6/X/2025

Penulis: Destian Rifki

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta Bersyukur Rasakan Manfaat Program Revitalisasi Satuan Pendidikan

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen

Diterbitkan pada : 27/10/2025

Gambar Konten Terkait
Kolaborasi Lintas Sektor Wujudkan Sukses Pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen

Diterbitkan pada : 26/10/2025

Gambar Konten Terkait
Pastikan Kesiapan Tes Kemampuan Akademik 2025, Kemendikdasmen Gelar Rapat Koordinasi

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen

Diterbitkan pada : 26/10/2025