Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Bangun Karakter Anak Indonesia Hebat di Usia Dini Lewat Permainan Tradisional
Bangun Karakter Anak Indonesia Hebat di Usia Dini Lewat Permainan Tradisional

Diterbikan pada: 18 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Serang, 18 Oktober 2025 - Sebagai upaya membangun karakter murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kampanye Anak Indonesia Hebat yang berlangsung di Kota Serang, Banten, menghadirkan sejumlah permainan tradisional. Adapun permainan dan olahraga tradisional yang dihadirkan adalah bola bekel, gasing, engklek, patheng dudu, ular tangga, oray-orayan, keris-kerisan, rorodaan, dan merakit serta mewarnai layang-layang.
 
Direktur PAUD, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Nia Nurhasanah, mengungkapkan bahwa kegiatan Kampanye Anak Indonesia Hebat merupakan bagian dari partisipasi semesta dalam penguatan pendidikan karakter dan wajib belajar satu tahunpra sekolah. Berkaitan dengan pendidikan karakter, Nia menyebut bahwa permainan tradisional merupakan bagian penting dari implementasi Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.
 
“Ini merupakan langkah bersama menguatkan sinergi dan kolaborasi mulai dari pemangku kepentingan pendidikan di daerah, satuan pendidikan, pendidikan, orang tua, hingga masyarakat untuk membangun ekosistem PAUD yang menyenangkan serta upaya mempersiapkan generasi emas 2045,” ungkap Nia di Serang, beberapa waktu lalu.
 
Wakil Sekretaris Jenderal Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI), Chaerul Umam, mengatakan bahwa permainan tradisional memiliki korelasi erat dengan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam poin bermain dan bermasyarakat. Menurutnya, permainan tradisional mengajak anak-anak PAUD untuk berekspresi, mengenali diri mereka bersentuhan langsung dengan media tradisional, serta menanamkan karakter melalui sejumlah peraturan dalam permainan tradisional tersebut.
 
“Permainan tradisional memberi pengalaman lebih kepada anak-anak untuk mampu belajar fokus, memiliki rasa tanggungjawab, serta menaruh rasa kearifan lokal dari makna permainan tradisional tersebut,” ungkap Umam.
 
Lebih dari itu, Umam menuturkan bahwa adanya permainan tradisional dalam Kampanye Anak Indonesia Hebat juga menjadi upaya terjadinya regenerasi dalam pelestarian permainan tersebut. Ia menyebut permainan tradisional juga dapat menjadi media pembelajaran tambahan guna memantik atau melatih motorik tumbuh kembang anak.
 
“Saya berharap di setiap PAUD dan Kelompok Bermain juga turut memiliki Pojok Permainan Tradisional yang bisa dimainkan para murid serta menjadi media pembelajaran tambahan bagi para pengajar,” tutur Umam.
 
Salah satu pendamping sekaligus Kepala TK Roudhoh, Aliyah, mengatakan bahwa permainan tradisional sangat membantu para pengajar untuk mengenalkan nilai moral maupun nilai budaya daerah. Bahkan menurutnya permainan tradisional yang dihadirkan dalam acara ini juga bermanfaat membangun komunikasi sosial dan emosi anak di tengah gempuran teknologi digital.
 
"Anak-anak kami antusias mengikuti beberapa permainan ini, mereka juga sudah terbiasa karena di sekolah kami kenalkanpermainan lompat tali dan engkle. Semoga dengan adanyapermainan tradisional ini anak-anak terbangun rasa sosial yang tinggi serta memiliki rasa nasionalisme yang tumbuh melalui nilai budaya," terang Aliyah.
 
Selanjutnya, Kepala TK Negeri Pembina, Eva Syarifatunia, merespons baik kehadiran permainan tradisional dalam acara Kampanye Anak Indonesia Hebat. Baginya, permainan tradisional sangat membantu menstimulasi perkembanganbahasa dan motorik anak didiknya dengan media permainan yang digunakan.
 
"Permainannya tradisional membuat anak-anak kami antusiasme ngikut acara dan membuat mereka tidak bosan. Semogapermainan tradisional ini dapat diperbanyak dan anak-anak memiliki pengalaman baik untuk dirinya," tutup Eva.*** (Penulis & Fotografer: Destian/Editor: Denty A., Seno H.)


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers
 
#PendidikanBermutuuntukSemua 
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 672/sipers/A6/X/2025

Penulis: Destian Rifki

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Hidupkan Semangat Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2025 Melalui Pentas Sastra

Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Diterbitkan pada : 19/10/2025

Gambar Konten Terkait
Wamendikdasmen Atip Tinjau Progress Pembangunan Unit Sekolah Baru TK dan SMA di Kota Serang

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Pemenuhan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Diterbitkan pada : 17/10/2025

Gambar Konten Terkait
Digitalisasi IFP Dukung Proses Pembelajaran di SLB Negeri Trituna Subang

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Badan Bahasa

Diterbitkan pada : 17/10/2025