Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Mendikdasmen SPMB Wujudkan Pendidikan Inklusif dan Berkualitas untuk Semua
Mendikdasmen SPMB Wujudkan Pendidikan Inklusif dan Berkualitas untuk Semua

Diterbikan pada: 12 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Makassar, 12 Oktober 2025 - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia menegaskan komitmennya untuk memperkuat kemitraan dengan sekolah swasta melalui kebijakan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan. Upaya mewujudkan pendidikan berkualitas bagi semua tersebut tercermin dalam Seminar Nasional, yang di gelar di Makassar, Sabtu (11/10).

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 800 peserta, baik luring maupun daring, ini mengusung tema “Evaluasi SPMB Menuju Pendidikan Berkualitas dan Inklusif.” Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu’ti, Anggota Komisi X DPR RI, Muslimin Bando, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Jufri Rahman, Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Nasional, Ki Saur Panjaitan XIII, dan Ketua BMPS Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo.

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu’ti menegaskan bahwa pelaksanaan SPMB merupakan bagian dari upaya menghadirkan sistem penerimaan peserta didik yang adil, transparan, dan berpihak pada semua kalangan.

“Setiap anak Indonesia berhak memperoleh pendidikan bermutu tanpa diskriminasi baik karena ekonomi, agama, maupun kondisi fisik. Itu amanat konstitusi,” ujarnya.

Mu’ti menjelaskan bahwa kebijakan SPMB memiliki empat jalur penerimaan: domisili, prestasi, afirmasi, dan mutasi. Istilah domisili dipilih menggantikan zonasi untuk menghindari persepsi negatif dan memberi makna yang lebih inklusif. Ia menambahkan, mulai November 2025 pemerintah akan menguji coba Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk jalur prestasi akademik, sedangkan untuk jenjang SMP dan SD pada Maret 2026. Sebagai mitra strategis pemerintah, sekolah swasta mendapat perhatian melalui berbagai inisiatif Kemendikdasmen, termasuk revitalisasi sarana-prasarana, redistribusi guru ASN, dan penguatan digitalisasi pembelajaran.

“Pendidikan negeri dan swasta adalah mitra strategis. Tahun ini, 23 persen anggaran revitalisasi kami berikan kepada sekolah swasta. Ini bukti bahwa semua anak bangsa berhak atas pendidikan yang bermutu,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Sulawesi Selatan yang dinilai berhasil menjalankan SPMB dengan baik berkat kerja sama antara Dinas Pendidikan, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP), dan BMPS.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, Muslimin Bando, menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah dalam menghadirkan kebijakan yang berpihak pada semua pihak, baik negeri maupun swasta.

“Saya bangga karena visi Bapak Menteri begitu jelas: Pendidikan bermutu untuk semua. Kalimat sederhana, tapi sarat makna. ‘Bermutu’ berarti berkualitas, dan ‘untuk semua’ berarti tanpa diskriminasi,” ujarnya.

Sebagai mantan kepala sekolah swasta selama tiga dekade, ia menekankan pentingnya kesetaraan guru swasta dan penguatan kemitraan antara pemerintah dan masyarakat. “Sekolah swasta telah melahirkan banyak pemimpin bangsa. Karena itu, kami di Komisi X akan terus mengawal agar sekolah swasta memiliki ruang tumbuh yang setara,” tambahnya.

Mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Sekretaris Daerah, Jufri Rahman, menyampaikan apresiasi atas kehadiran Menteri Abdul Mu’ti dan seluruh peserta seminar. Ia menilai kebijakan pendidikan dasar dan menengah kini menjadi pondasi penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“Kebijakan memisahkan pendidikan dasar-menengah dari pendidikan tinggi adalah langkah cerdas. Karena kualitas pendidikan tinggi ditentukan dari pondasinya,” ucap Jufri.

Ia juga menegaskan komitmen pemerintah provinsi dalam menjalankan Permendikdasmen Nomor 1 Tahun 2025 tentang Redistribusi Guru ASN, serta mendukung penuh pelaksanaan SPMB 2025. “Sekolah swasta bukan penonton, tapi mitra strategis pemerintah. Kami percaya masa depan pendidikan Sulawesi Selatan akan semakin baik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua BMPS Nasional, Ki Saur Panjaitan XIII, menyampaikan apresiasi kepada Menteri Abdul Mu’ti atas perhatian terhadap sekolah swasta. “Sulawesi Selatan hari ini memberi contoh praktik baik pelaksanaan SPMB. Kami sampaikan terima kasih atas kebijakan yang memberi ruang keadilan bagi sekolah negeri dan swasta,” ujarnya.

Ki Saur menekankan pentingnya sinergi antara Kementerian Pendidikan, pemerintah daerah, dan BMPS, serta berharap sosialisasi SPMB diperluas ke seluruh Indonesia agar tidak terjadi perbedaan pemahaman antarwilayah. “Kami bukan mencari kedudukan, tapi berinvestasi untuk masa depan bangsa. Negeri dan swasta berbeda penyelenggara, namun tidak untuk dibeda-bedakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua BMPS Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo melaporkan bahwa pelaksanaan SPMB di Sulawesi Selatan berjalan baik berkat sinergi antara Dinas Pendidikan, BPMP, dan BMPS. Ia menggambarkan hubungan antara sekolah swasta dan pemerintah dengan cara yang hangat dan penuh makna.

Ia menambahkan bahwa berkat Permendikdasmen Nomor 3 Tahun 2025, banyak sekolah swasta yang kembali hidup setelah sebelumnya tidak menerima siswa baru. “Ada sekolah di Makassar yang dua tahun tak menerima murid. Tahun ini, setelah kebijakan baru keluar, langsung dapat 150 siswa. Ini bukti nyata kebijakan yang berpihak,” ujarnya.

Lebih lanjut Irman menyampaikan apresiasi dan rasa syukur kepada pemerintah pusat dan daerah. “Kami bersyukur atas kebijakan Kemdikdasmen yang memberi kesempatan bagi sekolah swasta untuk berperan lebih luas dalam mendidik generasi bangsa. Ini bukti nyata bahwa pemerintah hadir untuk semua,” ucapnya.

Kegiatan ini menegaskan semangat kemitraan antara pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan sistem pendidikan yang inklusif, berkeadilan, dan berkualitas. Dari forum ini, Sulawesi Selatan menegaskan diri sebagai provinsi pelopor praktik baik pelaksanaan SPMB 2025 serta contoh sinergi antara kebijakan nasional dan inisiatif lokal.*** (Penulis & Fotografer: M. Irfan/Editor: Denty A., Seno H.)

 


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah


Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Lampiran

Penulis: Muhammad Irfan

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Siapkan Guru Profesional, Kemendikdasmen Buka Seleksi PPG bagi Calon Guru Tahun 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait

Kemendikdasmen Perkuat Integrasi Literasi dan Pendidikan Vokasi untuk Ekosistem Pangan Nasional

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen: Pegawai Harus Bekerja Mengutamakan Budaya Kerja Ramah dan Santun

Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 15/10/2025