Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Perkuat Implementasi STEM, Kemendikdasmen Rilis Panduan dan Buku Hasil Kurasi Pembelajaran STEM
Perkuat Implementasi STEM, Kemendikdasmen Rilis Panduan dan Buku Hasil Kurasi Pembelajaran STEM

Diterbikan pada: 24 September 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Bandung, 24 September 2025 — Dalam era perkembangan teknologi digital saat ini maka penguasaan sains, teknologi, rekayasa, dan Matematika menjadi kunci penting untuk mencetak generasi yang adaptif, inovatif, dan berdaya saing global. Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) adalah pendekatan belajar yang menggabungkan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika untuk memecahkan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Melalui STEM, murid diajak berpikir kritis, berkreasi, dan berkolaborasi lintas disiplin ilmu dan semuanya dilakukan secara kontekstual.

Menyikapi kebutuhan dan perkembangan zaman, Kemendikdasmen meluncurkan Panduan Pembelajaran STEM dan Buku-Buku Interaktif Bermuatan STEM dalam sebuah acara bertajuk “STEM: Cermati Panduan, Jelajahi Buku melalui SIBI”. Peluncuran ini merupakan bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendikdasmen) Nomor 13 Tahun 2025 untuk menjawab tantangan pengimplementasian pendidikan STEM dengan menyediakan sumber daya yang relevan dan mudah diakses oleh pendidik maupun pelajar. 

Salah satu upaya konkret Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) dalam mendukung implementasi STEM adalah dengan menyusun Panduan Pembelajaran STEM serta melakukan kurasi 109 judul Buku Bermuatan STEM yang mencakup Buku Teks Utama (BTU) dan Buku Nonteks (BNT). Semua buku tersebut tersedia dalam format digital dan dapat diakses secara terbuka melalui laman https://buku.kemendikdasmen.go.id/buku-stem.

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, menjelaskan bahwa masyarakat teknokratis merupakan sebuah realitas yang harus mulai disiapkan sejak sekarang, dimulai dari pembangunan masyarakat ilmu (knowledge-based society), serta penguatan kemampuan-kemampuan yang mendorong generasi muda dalam pengembangan sains, teknologi, rekayasa (engineering), dan Matematika maka dari itu STEM perlu dikenalkan sejak dini.

“Sains adalah satu hal yang sangat penting, karena kalau kita melihat arah masyarakat ke depan adalah masyarakat yang teknokratis, masyarakat yang tidak hanya semakin terkoneksi dan melek teknologi, tapi masyarakat yang masa depannya sangat ditentukan oleh kemampuan mereka dalam bidang-bidang teknologi adalah satu hal yang sangat penting, karena kalau kita melihat arah masyarakat ke depan adalah masyarakat yang teknokratis, masyarakat yang tidak hanya semakin terkoneksi dan melek teknologi, tapi masyarakat yang masa depannya sangat ditentukan oleh kemampuan mereka dalam bidang-bidang teknologi,” ujarnya di Bandung, Selasa (23/9).

Mendikdasmen juga menyampaikan bahwa sains adalah bagian dari program prioritas Presiden dalam rangka mewujudkan Asta Cita Presiden yang keempat, yaitu membangun sumber daya manusia yang kuat dengan pendidikan, sains dan teknologi, serta program-program lain yang mendukung sumber daya manusia.

“Belajar sains itu bukan sekadar mempelajari teori dan mempelajari berbagai konsep tapi juga mendekatkan murid kita ini dengan kesadaran transcendental, dengan pembentukan karakter dan juga proses-proses lain yang membawa mereka (siswa) pada kehidupan yang sederhana, kehidupan yang menjadikan mereka sebagai saintis itu tidak hanya baik secara pribadi tapi juga menimbulkan kebaikan dalam kehidupan di masyarakat di mana mereka berada,” jelas Mu’ti.

Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, menyampaikan tantangan dari STEM yakni menumbuhkan minat berhitung yang berguna dalam kehidupan bermasyarakat. Ia juga menyatakan dukungannya dan mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung STEM sebagai jawaban atas tantangan bangsa.

“Konteks STEM yang pertama adalah menimbulkan hasrat untuk melakukan penghitungan terutama nanti setelah berbaur dengan masyarakat. Kami sebagai rakyat Indonesia pasti mendukung apalagi ini untuk kepentingan masyarakat dalam konteks menjawab tantangan Masyarakat,” tutup Ferdiansyah seraya mengimbau untuk mendukung kemajuan pembelajaran melalui STEM.

Kepala BSKAP, Toni Toharudin, menyatakan bahwa panduan dan buku kurasi Pendukung Pembelajaran STEM diharapkan memperkuat implementasi STEM di pendidikan. Ini juga mencerminkan dukungan pemerintah dalam meningkatkan literasi guru, murid, dan masyarakat melalui SIBI sebagai sumber belajar yang edukatif dan inspiratif, sesuai dengan tuntutan pembelajaran saat ini.  

“Rilisnya panduan dan buku hasil kurasi pendukung pembelajaran STEM diharapkan juga menjadi langkah yang signifikan di dalam memperkuat implementasi pembelajaran STEM di seluruh satuan pendidikan. Kegiatan ini sekaligus merupakan wujud dari dukungan pemerintah pusat melalui peningkatan literasi guru, murid, dan masyarakat luas melalui pemanfaatan SIBI sebagai sumber belajar dan bacaan yang edukatif Inspiratif serta menyenangkan sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21,” ujarnya.*** (Penulis: Tama_Pusbuk, Destya A./Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Ikram SIA)


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua 
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 583/sipers/A6/IX/2025

Penulis: Denty Anugrahmawaty

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
UPZ Baznas Kemendikdasmen Raih 3 Penghargaan UPZ Award 2025

Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen

Diterbitkan pada : 28/09/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen Tinjau Revitalisasi SMAN 8 Manado untuk Pendidikan Bermutu

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen

Diterbitkan pada : 27/09/2025

Gambar Konten Terkait
Ajang OSN 2025 Menciptakan Sportivitas dan Pembangunan Karakter Talenta Sains Unggul Berkelanjutan

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen

Diterbitkan pada : 27/09/2025