Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Abdul Mu’ti Tegaskan Revitalisasi Satuan Pendidikan Wujud Penguatan Sarpras dan Mutu Pembelajaran
Abdul Mu’ti Tegaskan Revitalisasi Satuan Pendidikan Wujud Penguatan Sarpras dan Mutu Pembelajaran

Diterbikan pada: 20 September 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Pekanbaru, 20 September 2025 - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Riau dengan meninjau proses revitalisasi pendidikan di SMPN 43 Pekanbaru dan SMKN 4 Pekanbaru.

Sebelumnya pada Jumat (19/9), Mendikdasmen juga mengunjungi Sekolah Alam Indonesia Pekanbaru.  Kunjungan ini menegaskan komitmen pemerintah untuk menghadirkan pendidikan bermutu melalui program revitalisasi sekolah yang tidak hanya membangun sarana fisik, tetapi juga mendorong lahirnya inovasi pembelajaran serta penguatan kualitas lulusan.

Revitalisasi di SMPN 43 Pekanbaru Bentuk Pemerataan Mutu Sarpras yang Makin Baik

Revitalisasi di SMPN 43 Pekanbaru berfokus pada pembangunan ruang kelas baru, laboratorium komputer, dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Sebelumnya, sekolah hanya memiliki enam ruang belajar sehingga harus menerapkan sistem double shift. Hal ini membuat jam pelajaran dipangkas menjadi 35 menit per mata pelajaran dan guru pulang hingga pukul 17.30.

Kepala SMPN 43 Pekanbaru, Zuraida, menyampaikan bahwa pembangunan baru memberi harapan besar.  “Dengan adanya Revitalisasi Satuan Pendidikan seluruh siswa dapat belajar pada pagi hari dengan durasi 40 menit per jam pelajaran sesuai ketentuan. Anak-anak pulang lebih awal, guru juga bisa lebih cepat sampai rumah, sehingga suasana belajar jauh lebih efektif,” ujarnya.

Meski bangunan fisik masih dalam tahap pengerjaan, para guru sudah berupaya menerapkan konsep pembelajaran mendalam (deep learning).  “Kami memberdayakan komunitas belajar sekolah. Guru menyesuaikan metode dengan kondisi yang ada, sambil terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Tantangan pasti ada, tapi yang penting adalah kemauan untuk terus belajar,” tambahnya.

Revitalisasi di SMK untuk Memperkuat Pelajaran Praktik Demi Lulusan Siap Kerja

Di SMKN 4 Pekanbaru, Mendikdasmen Abdul Mu’ti menegaskan pentingnya program Revitalisasi Satuan Pendidikan untuk menyiapkan generasi muda yang mampu bersaing di dunia kerja, baik di dalam negeri maupun global.

“Revitalisasi adalah program prioritas Presiden. Program ini bukan hanya membangun ruang kelas baru, tetapi juga memperbaiki mutu pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Untuk SMK, tujuan akhirnya adalah memastikan lulusan siap kerja, bahkan bisa diterima di industri sebelum mereka lulus. Karena itu, kami mendorong penguatan link and match dengan dunia usaha, sekaligus pembekalan bahasa asing, soft skills, dan pemahaman lintas budaya,” tegasnya.

Kepala SMKN 4 Pekanbaru juga menyambut baik dukungan pemerintah. Ia menekankan bahwa sekolahnya tengah memperkuat kemitraan dengan industri agar siswa benar-benar siap memasuki dunia kerja.  “Revitalisasi ini bukan hanya membangun ruang, tetapi juga memperkuat pembelajaran praktik. Siswa kami dilatih sesuai kebutuhan industri sehingga lebih mudah terserap setelah lulus,” katanya.

Dukungan Pemerintah Daerah terhadap Revitalisasi Satuan Pendidikan

Sekretaris Daerah Provinsi Riau menegaskan bahwa pemerintah daerah berkomitmen mempercepat pemerataan mutu pendidikan melalui sinergi dengan pemerintah pusat.  “Program revitalisasi ini sangat membantu daerah dalam memperbaiki sarana prasarana sekolah dan meningkatkan kualitas SDM. Kami berharap dukungan ini berlanjut agar anak-anak Riau mendapat kesempatan pendidikan terbaik,” ungkapnya.

Pendidikan Bermutu untuk Semua lahir dari ruang belajar yang layak, guru yang terampil, dan siswa yang berkarakter. Revitalisasi Satuan Pendidikan menjadi pintu masuk untuk melahirkan generasi hebat yang siap membawa Indonesia melangkah lebih percaya diri di masa depan.*** (Penulis: M. Irfan/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Laili)

 

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Lampiran

Penulis: Muhammad Irfan

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Siapkan Guru Profesional, Kemendikdasmen Buka Seleksi PPG bagi Calon Guru Tahun 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait

Kemendikdasmen Perkuat Integrasi Literasi dan Pendidikan Vokasi untuk Ekosistem Pangan Nasional

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen: Pegawai Harus Bekerja Mengutamakan Budaya Kerja Ramah dan Santun

Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 15/10/2025