Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Bangun Kembali Kepercayaan Sosial di Era Digital: Pendidikan dan Literasi Digital Jadi Kunci
Bangun Kembali Kepercayaan Sosial di Era Digital: Pendidikan dan Literasi Digital Jadi Kunci

Diterbikan pada: 13 November 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 13 November 2025 - Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, membangun kembali kepercayaan sosial di dunia digital menjadi tantangan besar yang dihadapi masyarakat global. Isu tersebut menjadi sorotan dalam diskusi panel bertema “Rebuilding Social Trust in a Digital World” pada Konferensi Internasional Literasi Keagamaan Lintas Budaya (International Conference on Cross-Cultural Religious Literacy/ICCCRL) yang digelar Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) dan Institut Leimena di Jakarta, Selasa (11/11).
 
Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikdasmen, Laksmi Dewi, menyampaikan bahwa Kemendikdasmen pada tahun 2025 telah menempatkan berbagai program untuk memanfaatkan teknologi secara bijak sekaligus membangun karakter generasi muda. “Dalam proses pendidikan, teknologi ini sangat penting digunakan karena menjadi alat bantu untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran, baik bagi guru maupun murid,” jelasnya.
 
Menurut Laksmi, literasi digital menjadi fondasi penting dalam penggunaan teknologi. “Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, mengkreasikan, dan mengomunikasikan informasi. Ini menjadi salah satu poin penting untuk menumbuhkan kepercayaan sosial dengan informasi-informasi yang disampaikan,” ujarnya.
 
Sebagai langkah nyata, Kemendikdasmen telah menerapkan dua mata pelajaran yang berfokus pada teknologi, yaitu informatika serta coding dan kecerdasan buatan (AI). Mata pelajaran informatika kini wajib diikuti siswa dari kelas 7 hingga 12, sementara coding dan AI mulai diajarkan sebagai mata pelajaran pilihan sejak kelas 5 SD. Program ini menjadi bagian dari inisiatif agar setiap anak memiliki pemahaman dan etika dalam penggunaan teknologi digital.
 
Kemendikdasmen juga sudah  menyiapkan berbagai panduan terkait penerapan kemampuan literasi digital, di antaranya panduan mata pelajaran informatika, coding dan AI, serta pemanfaatan AI bagi guru dan murid. “Semoga panduan-panduan ini bisa membantu para murid dan guru menggunakan teknologi, khususnya kecerdasan buatan ini untuk kepentingan pembelajaran," pungkasnya.
 
Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Kebudayaan sekaligus Head of Adviser Day of AI Indonesia, Ismunandar, menyoroti urgensi literasi terkait AI dan sosial media. Ia memandang literasi digital menjadi keharusan untuk seluruh masyarakat, agar dapat berpikir dan menggunakannya secara kritis. Day of AI sendiri menyediakan materi pembelajaran terbuka (open source) yang telah diterjemahkan dan dikontekstualisasikan untuk digunakan oleh para guru. “Jadi, esensinya ini memahami AI, etis dan responsibel, dengan materi yang inklusif untuk semua,” ujar Ismunandar.
 
Dari sisi akademik, Irini Nalis-Neuner, Postdoctoral Researcher di Christian Doppler Laboratory for Recommender System, menekankan pentingnya kepercayaan dalam konteks teknologi dan interaksi manusia. Ia menyampaikan penggunaan AI yang bertanggung jawab serta integrasi nilai-nilai kemanusiaan melalui Digital Humanism untuk menumbuhkan kepercayaan.
 
Melalui diskusi ini, para pemangku kepentingan dari berbagai bidang menegaskan pentingnya pendidikan dan literasi digital dalam membangun kembali kepercayaan sosial di dunia digital. Sinergi antara teknologi, etika, dan nilai kemanusiaan diyakini menjadi kunci untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, aman, dan saling percaya di era digital.*** (Penulis: Stephanie/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Nurlaili)

 


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: http://kemendikdasmen.go.id
X: http://x.com/Kemdikdasmen
Instagram: http://instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: http://facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: http://ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: http://kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Nomor: 776/sipers/A6/XI/2025

Penulis: Stephanie Westiana

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Gelar Puncak Apresiasi Bunda PAUD Nasional 2025: Setahun Awal, Bekal Sepanjang Hayat

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Sekolah PAUD

Diterbitkan pada : 13/11/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Raih Terbaik Ketiga pada Anugerah Media Humas 2025

Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen

Diterbitkan pada : 13/11/2025

Gambar Konten Terkait
Pengisian Instrumen Akhir Tahun: Semangat Kolaborasi dan Komitmen Kemendikdasmen Kuatkan Karakter

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen

Diterbitkan pada : 13/11/2025